Hakordia 2021, Wapres Maruf Amin Sebut Korupsi Ibarat Karat Perusak Besi Bangunan

| Kamis, 09/12/2021 17:15 WIB
Hakordia 2021, Wapres Maruf Amin Sebut Korupsi Ibarat Karat Perusak Besi Bangunan KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyampaikan bahwa pemerintah terus berkomitmen dan berikhtiar mecegah dan memberantas korupsi. Diibaratkannya, korupsi seperti karat yang dapat merusak besi sehingga menghambat pembangunan bangsa.

"Momentum Peringatan Hari Antikorupsi sejalan dengan komitmen pemerintah untuk terus berikhtiar mencegah dan memerangi korupsi. Korupsi bagaikan karat yang menggerogoti besi-besi pembangunan," ujar Kiai Maruf saat sambutan di acara penutupan Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2021 di Gedung Juang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Jakarta, Kamis, 9 Desember 2021.

Menurut Kiai Maruf, korupsi merupakan ancaman terhadap kemanusiaan dan hak publik. Karena, jelasnya, tindak pidana tersebut merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat dan negara.

"Korupsi merupakan ancaman terhadap kemanusiaan, ancaman terhadap hak publik, dan ancaman terhadap keberlangsungan bangsa dan negara, karena korupsi merusak sendi-sendi kehidupan," tegasnya.

Tak hanya itu, Wapres menilai kejahatan korupsi sebagai bentuk pelanggaran hukum dan etika serta bertentangan dengan Hak Asasi Manusia (HAM) dan keadilan. Selanjutnya, sebagai bangsa religius dan berbudaya luhur, seluruh masyarakat Indonesia seharusnya memiliki pengingat kuat untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi.

Bahkan, semua agama yang dianut masyarakat Indonesia pada dasarnya melarang dengan tegas seluruh umatnya untuk korupsi. "Korupsi bagi umat beragama merupakan bentuk kezaliman terhadap kepercayaan dan amanah rakyat yang menginginkan keadilan dan kesejahteraan," tandasnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Hakordia , KPK RI , Korupsi