Gelar Pelatihan Karya Ilmiah untuk Guru, Universitas YARSI Gandeng MAN 2 Jakarta

| Kamis, 09/12/2021 20:20 WIB
Gelar Pelatihan Karya Ilmiah untuk Guru, Universitas YARSI Gandeng MAN 2 Jakarta Universitas YARSI. (Foto: yarsiacid)

RADARBANGSA.COM - Program Studi Perpustakaan Sains Informasi Universitas YARSI memberikan pelatihan Strategi Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Guru dan Pustakawan kepada guru dan pustakawan di MAN 2 Jakarta. Pelatihan strategi peningkatan kualitas karya ilmiah guru dan pustakawan dalam rangka menjalankan pengabdian masyarakat sesuai Dharma Perguruan Tinggi. 

Kepala Madrasah MAN 2, Wido Prayogra,S.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan meneliti dan menulis karya ilmiah merupakan bagian dari kenaikan pangkat atau golongan karir.

“Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Rabu pagi, 8 Desember 2021, sebanyak 45 guru dan pustakawan MAN 2 Jakarta mengikuti pelatihan mengenai trik menemukan ide penelitian, melakukan penelusuran literatur dengan berbagai alat pencarian di dunia maya, penulisan karya ilmiah penggunaan reference manager, serta teknik publikasi jurnal ilmiah secara online lewat OJS (Open Journal System),” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 Desember 2021.

Sementara itu, salah satu pembicara, Muhammad Ihsanuddin, M.Hum dalam paparannya menjelaskan bahwa guru saat ini tak bisa berdiam diri dan puas dengan apa yang telah dilakukan, namun hendaknya mengembangkan kemampuannya melalui tulisan yang dipublikasikan. 

“Strategi penulisan dan penelusuran ini saya harapkan juga ditularkan pada siswa, sehingga kita tidak hanya mengandalkan Google sebagai alat penelusuran informasi,” tambah Ihsanuddin.

Senada dengan Ihsanuddin, Nita Ismayati, S.IP,. M.Hum, memberikan ulasan tentang artikel untuk jurnal nasional. Materi yang disampaikan Nita Ismayati ini relevan dengan kebutuhan guru, karena artikel ilmiah sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat guru. Namun guru kadang melupakan lupa bahwa artikel ilmiah sebaiknya dipublikasikan di media, salah satunya jurnal.

Selain menyasar guru, YARSI juga memberikan pelatihan pada 30 siswa MAN 2 Jakarta dengan materi Pelatihan Otomasi Perkantoran bagi Siswa sebagai upaya peningkatan keterampilan bidang TIK. 

Hendra Wicaksono berharap melalui pelatihan ini siswa mampu mengaplikasikan teknologi informasi terutama dalam kegiatan organisasi, sperti surat menyurat dan membuat e sertifikat.

“Sebagai pengurus OSIS, pelatihan ini sangat bermanfaat terutama materi pembuatan e sertifikat,”ujar Siti Zahwa salah satu peserta pelatihan.

Indah Kurnianingsih, S.IP, MP, Kepala Prodi Perpustakaan Sains dan Informasi Universitas YARSI menyatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini telah dilakukan pada lebih dari sepuluh madrasah di DKI Jakarta. Dengan demikian, literasi digital yang makin marak digaungkan di segala lini, juga dirasakan manfaatnya di lembaga madrasah.(Yuyum Daryumi).

Tags : Universitas YARSI , Pelatihan , Guru , Karya Ilmiah

Berita Terkait