Pemerintah Dukung Pengembangan Kebijakan Pembiayaan yang Inovatif 2022

| Senin, 13/12/2021 15:25 WIB
Pemerintah Dukung Pengembangan Kebijakan Pembiayaan yang Inovatif 2022 Menkeu Sri Mulyani (foto: setkabgiid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah akan terus mendukung dan mengembangkan kebijakan pembiayaan yang kreatif dan inovatif pada tahun 2022.

Menurut Menkeu Sri Mulyani, kebijakan tersebut akan dilakukan melalui penguatan peran Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, Badan Layanan Umum (BLU), Sovereign Wealth Fund (SWF), dan Special Mission Vehicle (SMV).

“Kita telah memiliki SWF INA (Indonesia Investment Authority), kita punya SMV yang telah membangun berbagai blended finance, seperti SDG Indonesia One dari PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur). Ini abertujuan untuk terus menciptakan peluang bagi masuknya modal-modal secara produktif dan di sisi lain mengurangi risiko pembiayaan, terutama yang berasal dari utang,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam keterangan tertulisnya, Senin 13 Desember 2021.

Pemerintah juga, kata Menkeu Sri Mulyani, telah melakukan optimalisasi sumber pembiayaan non utang melalui Sisa Anggaran Lebih (SAL) dan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA), serta pemanfaatan pinjaman program dari lembaga multilateral dan bilateral berbasis penanganan Covid-19 dengan bunga ringan. 

“Ini juga merupakan bagian strategi kami bersama Bank Indonesia untuk memberikan guidance kepada market, kepada stakeholder mengenai bagaimana otoritas fiskal dan moneter bekerja sama, bahu membahu, namun saling memberikan peranan yang independen dan juga tekanan kepada kredibilitas masing-masing otoritas,” katanya.

Tags : Kebijakan Pembiayaan

Berita Terkait