Menteri Ida Rilis Grand Design Pengembangan Model Perluasan Kesempatan Kerja

| Selasa, 14/12/2021 19:18 WIB
Menteri Ida Rilis Grand Design Pengembangan Model Perluasan Kesempatan Kerja Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, merilis grand design (rancangan induk) pengembangan model perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan tahun 2021 di Jakarta, Selasa 14 Desember 2021.

Bersama Universitas IPB, Kemnaker telah menetapkan lima lokasi sebagai program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan seperti Kawasan Perhutanan Sosial Teluk Jambe di Karawang (Jawa Barat), Kawasan Agroforestri Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara dan Batang (Jawa Tengah), Kawasan Agroindustri Sei Mericim di Deli Serdang (Sumatera Utara), Kawasan Agromaritim Teluk Weda di Halmahera Tengah (Maluku Utara), dan Kawasan Agrowisata Lido di Bogor dan Sukabumi (Jawa Barat).

"Semoga grand design yang telah disusun dapat menjadi rujukan bagi program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan yang akan kita masifikasi di tahun-tahun mendatang. Semoga program ini dapat berkontribusi besar untuk memajukan sektor ketenagakerjaan di Indonesia," ujar Menaker Ida Fauziyah.

Menaker Ida menuturkan, dengan semangat kerja kolaboratif dan sinergi, pada tahun 2022, pihaknya kembali mencanangkan untuk mengembangkan perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan di 15 kawasan yang dipilih dengan pertimbangan keterwakilan wilayah dan karakteristik wawasan.

"Dari lima kawasan yang kita bangun, insyaallah tahun 2022 kita akan kembangkan menjadi 15 kawasan. Mimpinya sebenarnya 99 kawasan yang kita bangun. Tapi mudah-mudahan kalau kita istikamah, konsisten, mau berkolaborasi, saya yakin dan percaya kita bisa kembangkan lebih dari yang kita kembangkan tahun 2022 ," ujarnya.

Tags : Menaker Ida , Pekerja

Berita Terkait