Resmikan Gerakan Akselerasi Generasi Digital, Jokowi: Indonesia Punya Potensi Pasar Digital

| Rabu, 15/12/2021 20:32 WIB
Resmikan Gerakan Akselerasi Generasi Digital, Jokowi: Indonesia Punya Potensi Pasar Digital Ilustrasi teknologi digital. (Foto: winstarlinkcom)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gerakan Akselerasi Generasi Digital di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu15 Desember 2021.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia memiliki potensi pasar digital yang berkembang dan sangat besar, terlebih dipercepat karena adanya pandemi.

“Kita sekarang ini memiliki 2.319 start-up. Semakin hari semakin tambah, tambah, tambah terus. Kita memiliki satu decacorn. Kita memiliki tujuh unicorn, dan banyak sekali soonicorn yang nanti akan terus didorong agar naik menjadi unicorn dan decacorn,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menceritakan saat bertemu dengan pendiri Facebook beberapa tahun silam, bahwa ke depan apapun akan serba digital, “Saya ingat, 2016 waktu ketemu Mark Zuckerberg di Amerika, saya diajak main pingpong pakai oculus. Dia memberitahu ke saya, ‘Presiden Jokowi, ini nanti dalam 10-15 tahun lagi akan muncul seperti kita main pingpong ini’. Setiap orang nanti bisa beli lahan virtual, bisa bangun bisnis virtualnya sendiri, dan juga akan ada mal virtual, gim virtual, kantor virtual, wisata virtual,” ungkapnya.

Bahkan kata Presiden Jokowi, perusahaan-perusahaan besar di dunia berlomba untuk membangun Metaverse, seperti contohnya Facebook, Epic Game, Roblox, Microsoft. Oleh karena itu, Presiden berharap agar Indonesia dapat menyiapkan strategi seperti itu.

“Negara kita perlu menyiapkan sebuah strategi agar kita tidak tertinggal jauh oleh negara-negara lain. Sehingga saya sampaikan kepada Menteri dan BUMN, pada yang lain juga, waktu kita tidak banyak untuk bisa mengejar itu. Dan negara ini akan maju kalau kita bisa melompat dan waktunya hanya 2 tahun,” jelasnya.

Tags : Pasar Digital , Teknologi

Berita Terkait