Komisi IX DPR Minta Pemerintah Perketat Pintu Pelancong Internasional

| Kamis, 16/12/2021 17:17 WIB
Komisi IX DPR Minta Pemerintah Perketat Pintu Pelancong Internasional Varian Omicron COVID-19. (Foto: idxchannelcom)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melaporkan bahwa Covid-19 varian Omicron sudah masuk ke Indonesia  yang terdeteksi pada seorang  tenaga kebersihan berinsial N di Wisma Atlet, Jakarta, Rabu 15 Desember 2021 kemarin.

Mengetahui informasi tersebut, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengapresiasi keterbukaan pemerintah yang telah melaporkan masuknya Covid-19 varian Omicron. 

"Perlu kami apresiasi, karena keterbukaan ini penting sehingga semua masyarakat tetap antisipatif, disiplin dan waspada dalam melihat berbagai perkembangan yang terjadi secara lebih rasional," kata Melki dalam rilisnya, Kamis 16 Desember 2021.

Menurut Melki, dengan sudah masuknya Covid-19 varian Omicron melalui seorang pekerja kesehatan di Wisma Atlet memberikan pesan bagi semua pihak untuk lebih waspada merespon varion Omicron ini.

 "Pemerintah perlu memperketat pintu masuk bagi pelancong internasional, testing dan tracing perlu diperluas," katanya.

Begitu juga dengan masyarakat harus memperketat pelaksanaan protokol kesehatan serta melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Membatasi Mobilitas).

"Sarana prasaranan serta obat obatan perlu dipersiapkan secara baik, vaksinasi juga jangan dikendorkan apalagi di daerah yang belum mencapai 70 persen," ungkapnya.

Tags : Omicron ,

Berita Terkait