Satgas COVID-19 Sebut Peningkatan Mobilitas Penduduk Konsisten Sejak Juli 2021

| Kamis, 16/12/2021 22:21 WIB
Satgas COVID-19 Sebut Peningkatan Mobilitas Penduduk Konsisten Sejak Juli 2021 Juru Bicara Nasional Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memaparkan bahwa sejak bulan Juli 2021 lalu hingga Desember, mobilitas penduduk konsisten mengalami peningkatan. Data tersebut dipantau Satgas dari Google Mobility.

"Dari data Google Mobility, ternyata sejak bulan Juli 2021 hingga Desember ini mobilitas penduduk konsisten mengalami peningkatan," kata Juru Bicara Nasional Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Kamis, 16 Desember 2021.

Dijelaskannya, peningkatan paling tinggi terdapat pada perjalanan menuju lokasi transit seperti terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan. "Ini menunjukkan bahwa perjalanan menuju luar kota atau luar negeri juga mengalami peningkatan," terangnya.

Tak hanya itu, kunjungan ke pusat perbelanjaan, ritel dan rekreasi, taman atau ruang terbuka publik, serta perkantoran juga mengalami peningkatan. Untuk itu, Wiku meminta masyarakat meningkatkan disiplin protokol kesehatan yang ketat karena itu merupakan hal paling penting.

"Selama COVID-19 masih ada maka protokol kesehatan adalah harga mati yang perlu untuk dilakukan dengan disiplin," tegasnya.

Ia menyampaikan, sejauh ini kedisiplinan memakai masker cukup baik, itu terlihat pada pusat-pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, bandara, dan perkantoran yang telah menerapkan peraturan wajib masker. "Namun masih ada beberapa lokasi yang kepatuhan memakai maskernya masih rendah, seperti pemukiman penduduk, kedai makanan, stasiun dan terminal serta pasar rakyat," tuturnya.

Tags : Satgas , Mobilitas , Protokol Kesehatan , COVID-19 , Indonesia