Kemenkes: Indonesia Terima Donasi 3,5 Juta Dosis AstraZeneca dari COVAX

| Selasa, 04/01/2022 22:02 WIB
Kemenkes: Indonesia Terima Donasi 3,5 Juta Dosis AstraZeneca dari COVAX Vaksin AstraZeneca Ampuh Cegah Varian Delta (foto: Reuters)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia menerima donasi 3,5 juta dosis lebih vaksin AstraZeneca dari fasilitas COVAX. Kedatangan vaksin ini dalam dua gelombang pada 3-4 Januari 2022.

"Upaya mendapatkan vaksin melalui jalur bilateral telah ditempuh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri sejak awal pandemi," ujar Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi melalui keterangan pers di Jakarta, Selasa, 4 Januari 2022.

Disampaikannya, total donasi yang diterima berjumlah 3.566.400 dosis vaksin AstraZeneca yang tiba dalam dua kedatangan, yakni tahap ke-188 pada Senin (3/1) dan tahap ke-189 pada hari ini. Nadia mengungkapkan, sejak awal pandemi pemerintah Indonesia aktif menjalin kerja sama internasional dan multilateral termasuk melalui WHO Acces to COVID-19 Tools (ACT) Accelerator COVAX FAcility.

Dia menambahkan Indonesia terus aktif mengampanyekan kesetaraan akses vaksin bagi seluruh negara di dunia melalui COVAX. "Indonesia berperan aktif dalam upaya menyetarakan akses vaksin bagi negara-negara di dunia," tuturnya.

Nadia mengatakan, seluruh vaksin yang datang akan secepatnya didistribusikan ke wilayah-wilayah yang membutuhkan stok vaksin untuk pelaksanaan program vaksinasi. Memasuki Januari 2022, tambahnya, Indonesia terus meningkatkan upaya vaksinasi bagi penduduk sasaran termasuk booster yang didahulukan bagi tenaga kesehatan dan lansia.

"Vaksinasi anak 6-11 tahun yang telah dimulai pada medio Desember 2021 juga akan terus ditingkatkan untuk melindungi anak-anak," ucapnya.

Tags : Kemenkes , Vaksin , AstraZeneca , COVID-19 , Indonesia