Gus Muhaimin Minta Subsidi Pupuk Dinaikkan Dua Kali Lipat

| Kamis, 13/01/2022 10:55 WIB
Gus Muhaimin Minta Subsidi Pupuk Dinaikkan Dua Kali Lipat Abdul Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar menyebut petani adalah ujung tombak masa depan pangan Indonesia  yang tidak boleh diabaikan. Meski begitu petani saat ini menjerit sebab harga pupuk justru mengalami kenaikan yang drastis.

Karena itu Gus Muhaimin dengan tegas meminta pemerintah untuk secepatnya mengatasi persoalan tersebut dengan cara menaikkan subsidi pupuk dua kali lipat dari yang sudah ditetapkan saat ini.

“Pemerintah tidak boleh abai dengan cara apa? Dengan cara meningkatkan subsidi pupuk minimal dua kali lipat dari yang ada sekarang. Sekaligus menata distribusi dan penyaluran pupuk yang muncul di APBN kita,” kata Gus Muhaimin di Jakarta, Kamis, 13 Januari 2022.

Menurut Gus Muhaimin, sampai hari ini distribusi pupuk belum tercukupi hingga 50 persen dari kebutuhan subsidi yang harusnya diproduksi. Sebab itu dia bakal memanggil kementerian terkait untuk menelusuri musabab persoalan tersebut.

“Mau tidak mau DPR akan melakukan penelusuran melalui berbagai kementerian sehingga ada langkah-langkah anggaran yang tidak abai terhadap tuntutan yang sudah lama membuat menderita para petani kita,” tegas Gus Muhaimin.

Di sisi lain, Gus Muhaimin menyatakan bahwa kelangkaan pupuk nampaknya sudah lama tidak ditangani dengan sungguh-sungguh. Padahal sejumlah petani sudah secara langsung menyampaikan aspirasi terkait persoalan itu kepada Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Indramayu.

Kondisi ini disebut Gus Muhaimin menjadi pertanda bahwa harus ada emergency action dari pemerintah, serta memerlukan penanganan yang sistematis agar keluhan ini tidak berkepanjangan.

Dia juga mendorong beberapa kementerian, seperti kementerian pertanian, kementerian perdagangan dan yang terkait segera berkoordinasi dalam satu langkah-langkah yang konkret.

“(Kelangkaan pupuk) bahkan 10 tahun terakhir atau 15 tahun terakhir ini. Pak Jokowi mendapatkan keluhan ketika berkunjung ke Indramayu beberapa waktu yang lalu,” paparnya.

Tags : Gus Muhaimin , Pupuk

Berita Terkait