Banjir di Kota Jayapura Surut, Warga Mulai Bersihkan Material Lumpur

| Kamis, 13/01/2022 17:13 WIB
Banjir di Kota Jayapura Surut, Warga Mulai Bersihkan Material Lumpur banjir di Kota Jayapura mulai surut (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengungkapkan, sepekan banjir yang melanda wilayah Kota Jayapura kini sudah surut.

"Para warga melakukan pembersihan rumah pascabanjir dan sudah kembali ke rumah masing-masing," kata Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Kamis 13 Januari 2022.

Selain melakukan pembersihan material, lanjut Muhari, rencana pembangunan tanggul darurat pada kali di samping perumahan SMAN 4 Jayapura juga sedang dilaksanakan.

"Tanggul ini diharapkan dapat menahan apabila debit air meningkat dan mengantisipasi adanya banjir susulan," tambahnya.

Muhari menuturkan, BPBD Kota Jayapura bersama tim gabungan meliputi BPBD Provinsi/Kabupaten Jayapura, TNI-Polri, Dinsos, Dinkes, Pol PP, PU, dan Organisasi Perangkat Daerah lainnya melakukan pembersihan jalan dari lumpur dan material.

"Diharapkan area pascabanjir sudah bersih minggu ini, sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan normal kembali," tukasnya.

Meskipun banjir telah surut dan warga sudah mulai bisa beraktivitas seperti semula, BNPB mengimbau agar pemerintah daerah dan masyarakat tetap menjaga kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

"Pembersihan saluran drainase dan pemulihan daerah resapan air perlu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian serupa kembali terulang," tutupnya.

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait