Wapres Maruf Amin Minta Penanganan Omicron Dipercepat

| Kamis, 27/01/2022 22:06 WIB
Wapres Maruf Amin Minta Penanganan Omicron Dipercepat Varian baru COVID-19, Omicron. (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia terus berupaya mengantisipasi penyebaran virus corona varian Omicron yang sudah menyebar di Tanah Air. Untuk itu, Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin meminta agar penanganan Omicron dipercepat.

Antisipasi penyebaran Omicron salah satunya dengan membatasi masuknya pelaku perjalanan dari luar negeri dan memberlakukan karantina tanpa terkecuali. Kiai Maruf mengatakan, antisipasi tersebut karena tren Omicron di beberapa negara semakin tinggi.

"Ini memang tren global sudah tinggi karena itu kita antisipasi untuk yang datang dari luar negeri dengan membuat karantina," kata Kiai Maruf seperti dikutip dari antaranews, Kamis, 27 Januari 2022.

Selain menerapkan karantina, lanjutnya, pemeriksaan terhadap para pelaku perjalanan dari luar negeri harus diperketat. "Tidak ada dispensasi-dispensasi karantina. Ini untuk mencegah melonjaknya seperti di Inggris, Amerika Serikat, India, dan Malaysia," imbuhnya.

Wapres juga meminta pemeriksaan, pelacakan, dan perawatan (testing, tracing, treatment) kepada masyarakat dilakukan percepatan dan perluasan. "Testing, tracing, dan treatment itu terus kita lakukan lebih cepat lagi untuk mengetahui lebih banyak yang misalnya terkena," tuturnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Omicron , Karantina , Indonesia