Ida Fauziyah Bahas Tiga Isu Penting dengan ILO Indonesia

| Sabtu, 05/02/2022 19:06 WIB
Ida Fauziyah Bahas Tiga Isu Penting dengan ILO Indonesia Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, bersama dengan ILO Indonesia dan Jaringan Buruh Migran membahas tiga isu terkait pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI). 

Ketiga isu tersebut adalah rencana launching panduan teknis `Tripartite Plus` tentang Pelindungan Pekerja Migran yang Responsif Gender, Standar Operasional Procedure (SOP) Penyelenggara Layanan PMI, serta panduan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal).

Menaker Ida menjelaskan bahwa rencana launching Panduan Teknis Tripartite Plus, menurutnya harus melihat moment yang tepat, seperti International Women Day atau pun momen lainnya. Selain itu, ia menyarankan agar adanya kesepakatan penamaan rencana tersebut.

"Hal ini untuk menghindari kesamaan penyebutan pada forum tripartit nasional yang sudah ada selama ini," kata Menaker Ida dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 5 Februari 2022.

Lalu, pembahasan Standar Operasional Procedure (SOP) Penyelenggara Layanan PMI, Menaker Ida Fauziyah telah menginstruksikan kepada jajarannya, untuk kembali meninjau dan menyesuaikan secara teknis bersama-sama seluruh pemangku kepentingan terkait. 

Sementara itu, terkait panduan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal), Menaker Ida menuturkan, bahwa pihaknya telah membuat panduan ini sebelumnya yang telah diatur melalui KEPDIRJEN BINAPENTA, dan telah diimplementasikan untuk negara penempatan Taiwan dan Korea Selatan. 

Tags : ILO Indonesia , Ida Fauziyah , PMI

Berita Terkait