Diinisiasi Purna PMI, Kemnaker Luncurkan Minimarket Migrant Mart

| Senin, 07/02/2022 15:58 WIB
Diinisiasi Purna PMI, Kemnaker Luncurkan Minimarket Migrant Mart Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker, Suhartono (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan pasar swalayan kecil (minimarket), Migrant Mart, Minggu 6 Februari 2022.

Gagasan pendirian Migran Mart ini dilakukan oleh para purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau yang telah berhenti bekerja sebagai PMI di luar negeri. 

Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker, Suhartono mengatakan, selain menyediakan kebutuhan sehari-hari, Migran Mart juga dapat menjadi wadah pemberdayaan bagi PMI Purna serta menjadi posko pengaduan, edukasi, berbagi pengalaman, informasi kerja, dan pelatihan untuk calon PMI. 

“Melalui Migrant Mart ini, diharapkan para PMI Purna bisa membagi pengalamannya selama bekerja di luar negeri kepada para calon PMI,” jelasnya.

Suhartono mengatakan, Migran Mart ini adalah solusi efektif bagi para PMI yang memutuskan tidak lagi bekerja ke luar negeri. “Dengan adanya Migran Mart, kesinambungan ekonomi mantan PMI dapat terjamin,” katanya. 

Dalam waktu dekat, lanjut Suhartono, Kemnaker juga akan mengembangkan Migran Mart  dengan menggunakan sepeda motor, agar dapat menjangkau para konsumen terutama daerah kantong-kantong PMI di seluruh Indonesia. 

“Saya ingin Migran Mart ini juga dapat dikembangkan pada daerah kantong-kantong PMI di seluruh Indonesia,” ujarnya. 

Tags : PMI , Migrant Mart , Kemnaker