Inggris: Belum ada Bukti Penarikan Tentara Rusia di Perbatasan Ukraina

| Rabu, 16/02/2022 16:02 WIB
Inggris: Belum ada Bukti Penarikan Tentara Rusia di Perbatasan Ukraina Potret Ratusan Pasukan Rusia di Perbatasan Ukraina (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM  –  Rusia pada Selasa, 15 Febuari 2022 mengatakan telah menarikan pasukannya di Krimea - Ukraina. Moskow mengklaim bahwa pasukannya hanya menyelesaikan latihan militer di sana.

Kementerian pertahanan Rusia juga telah membagikan video yang dimaksudkan untuk menunjukkan rangkaian gambar peralatan militer dan pasukan meninggalkan daerah yang berbatasan dengan Ukraina.

Namun demikian Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace mengatakan bahwa klaim tersebut belum terbukti. Justru menurut Wallace, Rusia masih memiliki 60 persen tentaranya yang masih berada di perbatasan Ukraina, serta kekuatan angkatan laut yang signifikan, demikian diungkap dari Independet,co.uk. Rabu 16 Februari 2022.

Hal senada juga diungkapkan oleh Gedung Putih yang menyatakan bahwa klaim penarikan militer Moskow masih belum diverifikasi.

Presiden AS Joe Biden mengatakan ancaman serangan terhadap Ukraina dari Rusia masih dekat, dan Washington akan menanggapi dengan tegas jika Moskow mencoba merebut Kiev.

Untuk menghindari pertempuran antara dua negara, Wallace rencananya akan bertemu menteri pertahanan NATO di Brussel hari ini. Mencoba membujuk Rusia untuk menarik seluruh pasukan baik di Krimea, maupun di Perbatasan Ukraina – Russia.

Tags : Rusia , Ukraina , Inggris

Berita Terkait