Kasus Covid-19 di Tanah Air Menurun, Kemenkes: Prokes Tetap Dijalankan!

| Senin, 07/03/2022 21:39 WIB
Kasus Covid-19 di Tanah Air Menurun, Kemenkes: Prokes Tetap Dijalankan! Varian baru COVID-19, Omicron. (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, berdasarkan data daro Kemenkes, angka reproduksi virus (Rt) di delapan pulau besar Indonesia turun dari rata-rata 1,14 di 26 Februari 2022 lalu, menjadi 1.09. Angka reproduksi virus menunjukkan laju penularan virus COVID-19.

“Semakin rendah angka reproduksi virus, maka laju penularan juga semakin menurun sebagai hasil dari upaya-upaya pengendalian pandemic,” kata Nadia dalam keterangan tertulisnya, Senin 7 Maret 2022.

Menurut Nadia, tren penanganan COVID-19 di tanah air membaik dengan kasus harian semakin menurun, “Angka laju penularan virus (Rt) sudah melambat di pulau-pulau besar di Indonesia dan harapannya, angka reproduksi virus dapat terus menurun hingga di bawah 1 dalam satu bulan ke depan,” ujarnya.

Dampak yang bisa dilihat dari lambatnya laju penularan virus ini adalah pada angka kasus harian yang kembali turun menjadi 21.380 kasus hari ini, lebih rendah dari hari sebelumnya (6/3) yang berada di posisi 24.867.

“Keterisian rumah sakit nasional juga hari ini turun menjadi 28% dibandingkan hari sebelumnya (6/3) yang berada di posisi 29%. Angka kesembuhan juga masih tinggi hari ini di angka 48.800 (7/3),” tukasnya.

Namun, Nadia mengingatkan bahwa meskipun beberapa indikator pengendalian pandemi secara konsisten terus menunjukkan hasil positif, semuanya tidak boleh lalai.

“Kita harus tetap waspada dan lebih berhati-hati agar jangan sampai terjadi lonjakan kasus. Disiplin protokol kesehatan harus tetap dijalankan dan laju vaksinasi dosis dua dan booster harus terus kita percepat,” kata Nadia.

 

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait