Pemerintah Luncurkan KUR bagi PMI

| Selasa, 15/03/2022 19:27 WIB
Pemerintah Luncurkan KUR bagi PMI Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: facebook Ida Fauziyah)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah meluncurkan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara virtual, Selasa 15 Maret 2022. Turut hadir dalam kesempatan itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah beserta pejabat lainnya.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Menko Perekonomian Bapak Airlangga Hartarto atas Peraturan Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Nomor 1 dan 2 Tahun 2022,” kata Menaker Ida dikutip laman facebook resminya.

Menaker Ida menjelaskan bahwa dalam Permenko Nomor 1 dan 2 tahun 2022 tersebut telah ditambahkan jumlah pinjaman KUR penempatan Pekerja Migran Indonesia menjadi paling banyak Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah) dengan suku bunga/marjin pinjaman KUR Penempatan PMI hanya sebesar 6%.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengungkapkan, program KUR untuk PMI tersebut sebagai bentuk kehadiran pemerintah bagi pekerja migran untuk mengakses kesempatan kerja di luar negeri.

“KUR ini sebagi wujud Pemerintah hadir dalam memberikan kemudahan kepada para pencari kerja luar negeri, CPMI/PMI dan masyarakat pada umumnya untuk mengakses kesempatan kerja di luar negeri dengan penghasilan yang lebih besar,” ungkapnya.

“Semoga dengan adanya pembiayaan melalui KUR ini dapat meringankan beban bagi CPMI dan/atau PMI,” sambungnya.

Tags : PMI , KUR , CPMI , Kemnaker