Soal Mudik Lebaran 2022, Satgas: Pemerintah Tengah Kaji Aturannya

| Kamis, 17/03/2022 22:26 WIB
Soal Mudik Lebaran 2022, Satgas: Pemerintah Tengah Kaji Aturannya Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito. (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyampaikan bahwa pemerintah saat ini tengah mengkaji aturan terkait kegiatan mudik pada Lebaran 2022 mendatang di tengah masa adaptasi pengendalian kasus COVID-19. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menyebut, pemerintah memastikan cakupan vaksinasi lengkap dan penguat makin tinggi untuk pengendalian kasus virus corona.

"Pemerintah sedang mengkaji hal tersebut dengan memastikan bahwa penularan COVID-19 bisa dikendalikan dengan memastikan cakupan vaksinasi lengkap dan penguat yang makin tinggi," ujar Wiku dalam konferensi pers daring, Kamis, 17 Maret 2022.

Selain itu, Satgas juga memastikan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) sehingga angka kasus COVID-19 dapat ditekan hingga mendekati Lebaran nanti. "Ini modal kita bersama untuk menghadapi Lebaran yang aman COVID-19," tuturnya.

Wiku memastikan pemerintah akan mengumumkan kebijakan terkait mudik lebaran apabila sudah siap. Karena itu, ia mengimbau agar semua pihak dapat segera mempercepat vaksinasi COVID-19.

Terkait kondisi kasus saat ini, Wiku mengemukakan kasus positif nasional turun 64 persen dari puncak setelah menunjukkan tren penurunan selama tiga pekan berturut-turut. "Setelah melewati puncaknya pada angka 390.000 kasus, jumlah penambahan kasus positif mingguan saat ini 140.000 kasus atau turun 250.000 kasus dari puncaknya," tukasnya.

Tags : Satgas , COVID-19 , Vaksinasi , Indonesia , Prokes , Lebaran