Komisi VII DPR RI Pertanyakan Progres Pengembangan Vaksin Merah Putih

| Kamis, 24/03/2022 22:50 WIB
Komisi VII DPR RI Pertanyakan Progres Pengembangan Vaksin Merah Putih Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari mempertanyakan progres atau kelanjutan dari pengembangan vaksin merah putih kepada Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko.

“Saat Bapak Presiden memberikan tugas khusus kepada beberapa entitas untuk menyelesaikan vaksin merah putih ini, sampai hari ini, dimana Menkes mengumumkan pandemi akan menjadi endemi dengan vaksinasi yang sudah sekian persen, ditambah vaksin booster, tapi ternyata vaksin merah putih juga belum selesai,” jelas Ratna saat rapat Komisi VII DPR RI dengan Kepala BRIN, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu, 23 Maret 2022.

Legislator Fraksi PKB itu menilai, kelanjutan progres dari vaksin merah putih ini merupakan tanggung jawab moral yang sangat besar, bahwa ternyata bangsa ini belum memiliki kemandirian di bidang kesehatan. Selain itu, Ratna mmpertanyakan nasib para peneliti yang terlibat dalam vaksin merah putih ini.

Sebelumnya dijelaskan bahwa Lembaga Eijkman baru masuk uji pra klinis, sementara peneliti lainnya sudah uji klinis. Hal ini menurut Ratna ada sedikit dispute.

"Apa yang belum dimiliki Eijkman tapi dimiliki orang lain, sehingga mereka terlambat?" tanya Ratna.

Tags : DPR RI , Vaksin Merah Putih , BRIN , Peneliti