Kemendes Terus Perluas Pangsa Pasar BUM Desa

| Jum'at, 01/04/2022 21:49 WIB
Kemendes Terus Perluas Pangsa Pasar BUM Desa Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) terus memperluaskan pangsa pasar BUM Desa untuk meningkatkan penjualannya. Salah satunya dengan menggaet PT. Berdikari sebagai penjamin pembelian atau penyalur produk Peternakan Terpadu BUM Desa Bersama Guci Seroja.

"Dimanapun pendampingan harus dilakukan sampai penjualan dalam skala luas. Produksi apapun harus disiapkan pemasarannya juga. Makanya kita dalam setiap kegiatan menggandeng pihak off taker," ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Lumajang, Jumat 1 April 2022.

Halim Iskandar menjalin pola kemitraan dengan pihak ketiga sebagai penjamin komoditas hasil produksi merupakan langkah strategis guna memperluas peluang pasar dan target market yang lebih efektif.

”Dengan adanya jaminan pembelian, otomatis akan meningkatkan portofolio BUM Desa maupun BUM Desa Bersama,” katanya.

“Hal yang penting dan pasti dilakukan adalah menyediakan pihak ketiga sebagai penjamin komoditas hasil produksinya. Langkah ini diharapkan dapat mempermudah BUM Desa maupun BUM Desa Bersama untuk memasarkan barang maupun jasa yang diproduksi,” sambungnya.

Saat meresmikan Peternakan Terpadu BUM Desa Bersama Guci Seroja di Desa Bedayutalang Kecamatan Senduro, Halim Iskandar juga  mengatakan bahwa kerja sama dengan pihak ketiga menjadi langkah menuju ketahanan pangan hewani di desa, yang merupakan arahan Presiden Joko Widodo.

“Karena itulah pendirian BUM Desa Bersama Peternakan Terpadu Berkelanjutan terus diperluas di berbagai daerah,” katanya.

 

Tags : Gus Halim , BUMDes