Lacak Kasus Aktif TB, Kemenkes Perluas Layanan Mobile X-ray

| Jum'at, 01/04/2022 22:02 WIB
Lacak Kasus Aktif TB, Kemenkes Perluas Layanan Mobile X-ray Wamenkes Dante Saksono Harbuwono (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memperluas layanan mobile X-ray untuk meningkatkan pelacakan kasus aktif TB di masyarakat.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, upaya tersebut merupakan bagian dari percepatan penemuan kasus aktif TB, agar tidak menjadi sumber penularan di tengah masyarakat.

``Orang yang kontak langsung dengan penderita TB, orang dengan HIV, orang dengan DM, mereka-mereka ini sebagai salah satu target dari skining TB,`` kata Wamenkes Dante dalam rilisnya, Jumat 1 April 2022.

Menurut Dante, perluasan mobile skrining TB akan menyasar 7 provinsi diantaranya Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

``Hari ini kita sudah launching mobile X-ray, perluasan ini sudah dilakukan di beberapa tempat sehingga masyarakat bisa langsung di foto tanpa harus datang ke RS, dengan cara ini pasien bisa langsung diidentifikasi dan diobati lebih dini lagi,`` kata Wamenkes.

Dante menjelaskan penemuan kasus aktif melalui Mobile X-ray dilakukan dengan pemeriksaan menggunakan rontgen dada. Hal ini untuk melihat apakah pasien memiliki indikasi menderita TBC atau tidak.

“Apabila teridentifikasi TB, pasien langsung di tangani oleh petugas kesehatan untuk selanjutnya diberikan pengobatan.”

 

Tags : Kemenkes