Lebih dari 200 Rumah Warga Ranca Ekek Bandung Terendam Banjir

| Jum'at, 08/04/2022 19:43 WIB
Lebih dari 200 Rumah Warga Ranca Ekek Bandung Terendam Banjir Petugas dan warga saat membersihkan rumah warga terdampak banjir di Ranca Ekek (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Lebih dari 200 rumah di Kecamatan Ranca Ekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat terdampak banjir. Peristiwa itu terjadi setelah kawasan Ranca Ekek diguyur hujan deras pada Kamis 7 April 2022 petang yang menyebabkan peningkatan debit air Sungai Cikeruh hingga meluap dan menyebabkan tanggul sungai jebol.

Laporan visual dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, banjir membawa lumpur dan material lainnya masuk ke dalam permukiman warga.
"Beberapa warga berupaya membersihkan endapan lumpur yang terbawa masuk ke rumah menggunakan alat seadanya," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam rilisnya, Jumat 8 April 2022.

Sementara itu, kata Abdul Muhari, BPBD Kabupaten Bandung juga mencatat, peristiwa tersebut berdampak pada 600 jiwa dari 200 KK. Tidak ada korban jiwa atas kejadian itu, namun aktivitas masyarakat menjadi terhambat.

"Sebagai bentuk upaya percepatan penanganan banjir tersebut, Tim BPBD Kabupaten Bandung telah turun ke lapangan guna melakukan kaji cepat situasi, monitoring berkala kondisi banjir, membantu proses pembersihan material lumpur dan koordinasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait seperti TNI, Polri, pemerintah desa setempat serta relawan untuk perbaikan tanggul yang jebol," jelasnya.

Selain itu, lanjut Muhari, Tim BPBD Kabupaten Bandung juga telah memberikan sosialisasi kepada warga terdampak untuk mengantisipasi adanya potensi bencana banjir susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

"BPBD Kabupaten Bandung telah memberikan imbauan kepada warga masyarakat sekitar apabila terjadi hujan lebat dengan durasi lama agar segera melakukan evakuasi mandiri atau mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan aman," tukasnya.

Tags : Banjir , BNPB , Ranca Ekek

Berita Terkait