Pemerintah Dorong Pelaku UMKM di Papua Bertransformasi Menuju Era Digital

| Jum'at, 20/05/2022 19:11 WIB
Pemerintah Dorong Pelaku UMKM di Papua Bertransformasi Menuju Era Digital Transaksi Digital (Doc: Matabanuaa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya ritel tradisional di wilayah Kota Jayapura untuk bertransformasi menuju era digital.

“Pemerintah terus mendorong seluruh ritel tradisional beradaptasi dan mengadopsi perkembangan teknologi agar mampu bersaing di era digital saat ini,” terang Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan dalam rilisnya, Jumat 20 Mei 2022.

Menurut Oke, pandemi mendorong terjadinya perubahan pola konsumsi masyarakat. Masyarakat mulai terbiasa berbelanja secara daring. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk para pelaku usaha besar yang telah terlebih dahulu menerapkan manajemen modern dalam pengembangan usahanya.

Sampoerna Retail Community (SRC), Papua Muda Inspiratif, PT Freeport Indonesia, dan Yayasan Kitong Bisa bersama-sama mengedukasi para pelaku usaha ritel tradisional untuk berbagi pengetahuan dan melakukan pelatihan pengaplikasian inovasi kegiatan ritel.

“Diharapkan ritel tradisional Papua, khususnya di wilayah Kota Jayapura dapat memperoleh pembinaan dan pendampingan secara berkelanjutan. Dengan demikian, peningkatan daya saing, digitalisasi pelayanan, dan peningkatan omset di Papua dapat terwujud,” terang Oke.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar mengapresiasi langkah Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri yang telah merangkul pelaku usaha kecil hingga ke Papua dan Papua barat.

“Ini bukti bahwa negara hadir dan memperhatikan semua anak bangsa, serta memberikan semua kesempatan yang sama. Kami berterima kasih kepada Kementerian Perdagangan yang telah mewujudkan visi besar Presiden Joko Widodo ini,” ujar Billy.

 

Tags : Pasar Tradisional , Pasar Rakyat , Era Digital

Berita Terkait