Gus Muhaimin Ziarah ke Makam Ulama dan Habaib di Pasuruan

| Selasa, 24/05/2022 11:11 WIB
Gus Muhaimin Ziarah ke Makam Ulama dan Habaib di Pasuruan Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin ziarah ke makam Kiai dan Habaib di Pasuruan, Jawa Timur. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar menggelar ziarah ke sejumlah makam Kiai dan Habaib di wilayah Pasuruan, Jawa Timur, Senin, 23 Mei 2022. Ziarah ini ia lakukan sehari usai mengadakan silaturahmi bersama habaib dan ulama se Jawa Timur, di Surabaya.

Gus Muhaimin mengawali ziarah ke makam Waliyullah Habib Jakfar bin Syaikhon Assegaf. Dilanjutkan ke makam KH. Nawawi Abdul Jalil dan Masyayikh di komplek Pondok Pesantren Sidogiri.

Di Sidogiri Gus Muhaimin yang hadir didampingi jajaran Ketua DPP PKB yaitu Abdul Halim Iskandar, Faisol Riza dan Ahmad Iman juga menyempatkan silaturahmi dengan pengasuh Ponpes Sidogiri, KH. KH Ahmad Fuad Noerhasan.

Usai ziarah dan silaturahmi di Sidogiri, Gus Muhaimin melanjutkan ziarah ke makam KH. Muhammad Subadar, dilanjutkan silaturahmi dengan pengasuh Ponpes Ngalah, KH. M. Sholeh Bahruddin, dan diakhiri ziarah ke makam Habib Hasan Baharun, Darullughah Wadda`wah Bangil.

“Setelah mendapatkan semangat dari para ulama dan habaib, saya kira penting bagi kita untuk ziarah meminta doa dan meneladani perjuangan para ulama terdahulu,” ujarnya.

Keponakan Gus Dur ini meyakini, doa dan perjuangan para ulama terdahulu mempunyai peranan dalam menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia hingga saat ini.

“Indonesia bisa menjadi negara yang sehebat ini karena doa dan perjuangan ulama-ulama terdahulu, tanpa adanya dia dan perjuangan ulama kita tidak akan bisa merasakan kemerdekaan seperti saat ini,” tukas Wakil Ketua DPR RI tersebut.

Tags : Gus Muhaimin , Ziarah , Pasuruan , Kiai , Habaib , PKB

Berita Terkait