Tegas! Presiden Jokowi Minta APBN dan APBD Tak Dibelanjakan Barang Impor

| Selasa, 24/05/2022 21:56 WIB
Tegas! Presiden Jokowi Minta APBN dan APBD Tak Dibelanjakan Barang Impor Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa APBN, APBD, dan anggaran BUMN merupakan uang rakyat. Sehingga, tegasnya, keliru besar jika dibelanjakan untuk barang impor.

“Seperti yang saya sampaikan di Bali, karena ini uang rakyat, APBN, APBD, BUMN, ini uang rakyat ya jangan toh kita belikan barang-barang impor, keliru besar sekali kita kalau melakukan itu," kata Presiden Jokowi dalam pengarahannya dan evaluasi Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa, 24 Mei 2022.

Dijelaskannya, anggaran dalam APBN mencapai Rp2.714 triliun, sedangkan APBD Rp1.197,2 triliun. Jumlah anggaran tersebut, lanjutnya, semakin besar jika ditambah dengan anggaran BUMN.

Anggaran besar tersebut, terang Jokowi, penggunaannya harus optimal dan tepat sasaran untuk mencapai target-target pembangunan dan kesejahteraan. “APBN kita, APBD kita, anggaran yang ada di BUMN betul-betul harus kita pegang erat, agar pemanfaatannya bisa betul-betul fokus ke titik yang kita tuju, karena uang gede sekali. APBN kita Rp2.714 triliun, APBD Rp1.197,2 triliun, gede sekali, plus BUMN,” tukasnya.

Untuk itu, Kepala Negara meminta seluruh jajaran kementerian/lembaga dan juga jajaran di pemerintah daerah memiliki pemikiran yang sejalan mengenai pentingnya optimalisasi belanja anggaran negara untuk produk lokal, bukan produk impor. “Inilah yang semuanya kita harus memiliki perasaan yang sama, betapa sekarang ini keadaan yang tak mudah, keadaan yang tak gampang,” tutur Jokowi.

Tags : Jokowi , APBN , APBD , BUMN , Impor , Indonesia