Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Tua Adat Ende `Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa`

| Kamis, 02/06/2022 13:11 WIB
Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Tua Adat Ende `Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa` Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana menerima penganugerahan gelar tua adat Ende di Rumah Tenun Ende, Rabu (1/6). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) menerima penganugerahan gelar tua adat Ende `Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa` yang bermakna pemimpin wilayah seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Prosesi pengukuhan dilakukan di Rumah Tenun Ende, Kabupaten Ende, Rabu, 1 Juni 2022.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat NTT (Nusa Tenggara Timur), khususnya masyarakat Ende, yang telah menerima saya, Ibu Iriana, dan seluruh rombongan, sejak awal datang sampai sekarang diterima dengan penuh kehangatan,” ujar Presiden Jokowi usai pengukuhan.

Kedatangan Kepala Negara yang didampingi Ibu Iriana Jokowi di Rumah Tenun Ende disambut ‘Tari Woge’ yang memiliki makna untuk menyambut kemenangan perang. Dalam Tari Woge tersebut, para penari membawa tombak dan parang sebagai simbol kemenangan perang. Para penari juga diiringi seni musik ‘Nggo Lamba’ yang biasa dimainkan untuk menyambut kedatangan tamu serta acara adat.

Selain disambut Tari Woge, Presiden dan Ibu Iriana juga disambut dengan sapaan adat oleh budayawan Albertus Bisa. Presiden juga mendapatkan penyematan pakaian adat berupa Rembi yang merupakan tas adat yang biasa digunakan Mosalaki (ketua adat) untuk menaruh beberapa benda adat.

Tags : Jokowi , Gelar Adat , Ende , NTT

Berita Terkait