Nostalgia dengan Rhoma Irama, Gus Muhaimin: Beliau Tak Pernah Berhenti Berkarya

| Kamis, 09/06/2022 15:49 WIB
Nostalgia dengan Rhoma Irama, Gus Muhaimin: Beliau Tak Pernah Berhenti Berkarya Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar bersama Rhoma Irama di sela gala premiere Film Naga Naga Naga di Epicentrum XXI (foto: radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) menunjukkan kemesraan dan hubungan yang sangat hangat saat bertemu dengan raja dangdut Rhoma Irama di sela gala premiere Film Naga Naga Naga, sekuel ketiga film Naga Bonar besutan Deddy Mizwar di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Rabu malam (8/6/2022).

Gus Muhaimin yang didampingi sang istri tercinta, Rustini Murtadho secara kebetulan datang pada saat bersamaan dengan Rhoma Irama yang juga hadir bersama istri, Ricca Rahim. Mengenakan bawahan celana hitam dipadu dengan kemeja hitam dan balutan blazer warna krem, Pak Haji–sebutan akrab Rhoma Irama–masih terlihat sangat bugar di usianya yang sudah tidak lagi muda. Artis kelahiran Tasikmalaya, 11 Desember 1946 itu terus memancarkan senyum mengembangnya ketika disapa oleh Gus Muhaimin.

Ikut mendampingi Gus Muhaimin, Wakil Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid, serta Ketua Komisi VI DPR Raisol Reza. ”Assalamualaikum Pak Haji, mohon maaf lahir batin. Tambah muda saja…,” sapa Gus Muhaimin renyah, sambil menunduk dan menjabat tangan pelantun lagu Darah Muda itu. Pak Haji pun dengan senyum khasnya menjabat erat tangan dan menepuk-nepuk pundak lengan Gus Muhaimin sambil berangkulan. Keduanya terlihat sangat akrab dan hanyut dalam obrolan yang sangat renyah.

Tak lupa, Wakil Ketua DPR RI itu juga menyapa istri Rhoma, Ricca Rahim. ”Eh, Bu Rica. Nggak kelihatan karena pakai masker. Mohon maaf lahir batin. Bagaimana kabarnya Bu Rica, lama nggak jumpa,” sapa Gus Muhaimin dengan penuh keakraban.

Dalam pertemuan itu, Gus Muhaimin menanyakan langsung kiat-kiat Pak Haji yang tidak pernah mati dalam berkarya, termasuk dalam menghadapi gempuran persaingan zaman di era pesatnya kemajuan teknologi informasi dan media sosial yang konon disebut sebagai dunianya anak muda.

”Beliau ini orang yang nggak pernah mati. Ada YouTube, hidup, gimana ini, pakai wirid apa ini? YouTube-nya gini” ungkap Gus Muhaimin sambil mengangkat jempol tangan, menunjukkan kekagumannya terhadap Rhoma Irama. Diketahui, sang raja dangdut kini eksis dengan Podcast Bisikan Rhoma (Bincang Asyik dengan Rhoma) dalam channel YouTube, Rhoma Irama Channel dengan jumlah subscriber mencapai 1,2 juta.

Gus Muhaimin mengaku sangat kagum karena Rhoma Irama yang lahir dan tumbuh berkembang di era panggung bersama grup dangdutnya yang melegenda, Soneta, ternyata kini bisa mengikuti perkembangan zaman dengan membuat channel YouTube dan Podcast yang juga sangat eksis dan berkembang hingga saat ini. ”Pak Haji ini eranya jauh dari YouTube, era panggung. Tapi sekarang ini ada YouTube, hadir lagi. Nggak pernah mati (berkarya). Jalannya ada aja,” ungkap Gus Muhaimin.

Dalam pertemuan yang berlangsung sangat singkat menjelang pemutaran film Naga Naga Naga itu, Rhoma Irama terus memancarkan senyum mengembang. Rhoma pun mengajak Gus Muhaimin untuk bertemu dalam panggung Podcast Bisikan Rhoma.

Diketahui, Gus Muhaimin dan Rhoma Irama memiliki hubungan yang sangat spesial. Rhoma Irama pernah menjadi bagian penting dalam keluarga besar PKB. Menjelang Pemilu 2014, keduanya sempat jalan bersama keliling berbagai daerah untuk safari politik. Saat itu, sang raja dangdut digadang-gadang bakal menjadi calon presiden (capres) dari PKB. Namun, langkah itu gagal terwujud. PKB akhirnya berkoalisi dengan PDIP untuk mengusung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Tags : Gus Muhaimin , PKB , CAPRES 2024