22 Rumah Warga Kabupaten Banggai Terendam Banjir

| Selasa, 14/06/2022 20:52 WIB
22 Rumah Warga Kabupaten Banggai Terendam Banjir 22 rumah warga kabupaten Banggai terendam banjir pasca hujan deras (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Sebanyak 22 rumah di wilayah Desa Sumber Mulia, Kecamatan Simpang Raya, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah terendam banjir pasca hujan dengan intensitas tinggi pada Minggu 12 Juni 2022 lalu. Terkini, 13 Juni 2022, banjir tersebut berangsur-angsur surut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai mencatat bahwa peristiwa itu juga dipicu oleh pendangkalan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang kemudian menyebabkan Sungai Kompangan dan Sungai Paniki meluap dan meluber ke permukiman warga.

“Atas peristiwa itu, dua tempat ibadah menjadi terdampak, satu titik tanggul rusak dan satu titik jalan desa terendam banjir. Tidak ada laporan mengenai korban jiwa, namun banjir tersebut menghambat aktivitas warga,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muharri dalam rilisnya.

Abdul Muhari menyampaikan bahwa hujan dengan intensitas ringan masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Banggai hingga Kamis, 16 Juni 2022 mendatang, sebagaimana menurut informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari satu jam, maka diimbau agar evakuasi sementara secara mandiri ke lokasi yang lebih aman,” imbuhnya.

Tags : Hujan , BNPB

Berita Terkait