Tahun 2022, Anggaran Perlindungan Sosial Alami Kenaikan

| Jum'at, 01/07/2022 20:33 WIB
Tahun 2022, Anggaran Perlindungan Sosial Alami Kenaikan Menkeu Sri Mulyani (foto: setkabgiid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran perlindungan sosial (perlinsos) mengalami kenaikan seiring dengan guncangan yang dirasakan oleh masyarakat.

“Kalau kita lihat dari kenaikan, terdiri dari kenaikan yang non-Covid maupun yang Covid related atau yang berhubungan dengan pemulihan ekonomi,” ungkap Menkeu Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Komplek DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat 1 Juli 2022.

Menurut Menkeu Sri Mulyani, realisasi perlinsos semester I tahun 2022 yaitu sebesar Rp188,2 triliun atau tumbuh 5,1 persen dibandingkan tahun lalu.

“Realisasi ini dipengaruhi oleh peningkatan realisasi baik dari belanja Kementerian/Lembaga (K/L), belanja non K/L, dan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD),” ungkapnya.

“Program pra kerja, PKH, kartu sembako, BLT desa, dan subsidi untuk bunga kredit usaha rakyat (KUR) dirasakan oleh berbagai jutaan masyarakat kita,” tambahnya.

Adapun yang menikmati perlinsos ini yaitu program pra kerja diterima oleh 1,7 juta peserta, PKH untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM), kartu sembako kepada 18,7 juta KPM, BLT Desa diterima 7,5 Juta KPM, dan subsidi bunga KUR untuk 3,7 juta debitur.

Tags : APBN 2022 , Perlinsos , Kemenkeu

Berita Terkait