Pemerintah Berikan Atensi Penuh Pengembangan Desa Wisata

| Selasa, 12/07/2022 15:55 WIB
Pemerintah Berikan Atensi Penuh Pengembangan Desa Wisata Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf) terus memberikan atensi kepada pengembangan desa wisata baik yang dikelola BUMDes maupun BUMDes Bersama.

"Sedikit mendiversifikasi tanggung jawab pembinaan dan pengawasan antara Kemenparekraf dengan Kemendes terkait desa wisata. Dimana kalau Kemendes fokus pada desa wisata yang dikelola oleh Bumdesa maupun Bumdesa bersama. Sedangkan kalau Parekraf semuanya,” kata Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar Peluncuran Program Pemuliaan Air di Tukad Oos Nyapuh Tirah Campuhan di Ubud, Bali, Selasa 12 Juli 2022.

Menurut Gus Halim-sapaan akrabnya, BUMDes dan Desa wisata merupakan ujung tombak pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi. Pihaknya melakukan kerja sama dengan Parekraf untuk mengembangkan desa wisata.

“Artinya desa wisata yang dikelola BUMDes dan BUMDes Bersama pun itu juga menjadi tugas dan tanggungjawabnya Kemenparekraf dimana hari ini Ibu Wamen hadir di tengah-tengah kita," jelasnya.

Gus Halim menuturkan, sinergi merupakan kunci untuk mengembangkan desa wisata agar desa menjadi maju dan sejahtera. "Kita terus bersinergi untuk desa wisata, membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan memajukan kesejahteraan masyarakat desa,” pungkasnya.

Tags : Gus Menteri , Dana Desa , Desa Wisata