Tommy Kurniawan: Belajar Nasionalisme Melalui Sepak Bola

| Minggu, 24/07/2022 19:57 WIB
Tommy Kurniawan: Belajar Nasionalisme Melalui Sepak Bola Anggota DPR RI, Tommy kurniawan di Lapangan Sepak Bola, Parung, Bogor (Doc: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Sepak bola punya kedudukan penting dalam membangun nasionalisme bangsa, hal ini lantaran olahraga tersebut mengajarkan persatuan dan sikap saling melengkapi satu - sama lain sesama anggota.

Demikian diungkapkan oleh Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tommy Kurniawan.

"Dalam satu tim saja, apakah semua anggota memiliki kekuatan yang sama? tentu tidak, ada yang kemampuannya sangat tinggi dan ada yang tidak begitu tinggi. Tapi, yang terjadi saat tim bertanding, mereka saling melengkapi melalui susunan formasi yang sudah ditetapkan," kata Tommy dalam acara Sepak Bola Kebangsaan, di Lapangan Putra Tunggal, Parung, Bogor, Sabtu 23 Juli 2022.

Tommy menjelaskan bahwa dalam sepak bola, semua anggota tim mau harus mengesampingkan rasa ego untuk mencapai kemenangan tim. Adapun saat tim menemui kekalahan nantinya, seluruh anggota tetap harus menguatkan satu sama lain agar tidak terjebak dalam rasa kekalahan yang berlarut - larut.

"Seperti hal nya sebuah bangsa, sesama warga, mau beda suku, beda agama, semuanya harus saling menguatkan. Saat negara kita ditimpa musibah, entah dari aspek ekonomi, kesehatan, politik, kita harus bersama - bersama membenahi," sambung dia.

Dalam kesempatan itu turut hadir komunitas sepakbola, ketua rt dan rw setempat serta perwakilan masyarakat yang terkait.

 

 

 

 

 

 

 

Tags : Tommy Kurniawan , Sepak Bola , Nasionalisme

Berita Terkait