Gus Halim: Kearifan Lokal di IKN Harus Jadi Etalase Desa di Indonesia

| Rabu, 27/07/2022 22:29 WIB
Gus Halim: Kearifan Lokal di IKN Harus Jadi Etalase Desa di Indonesia Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar berharap agar adanya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak mengubah budaya dan kearifan lokal desa-desa setempat. 

“Kita memang harus mereferensikan desa hingga menjadi etalase desa di Indonesia. Ini sedang saya siapkan di IKN. Saya berusaha agar desa-desa di sana jangan berubah dari segi apapun meski jadi ibu kota negara. Karakter desa jangan sampai berubah menjadi kelurahan," kata Mendes PDTT Halim Iskandar di Jakarta, Selasa 26 Juli 2022.

Gus Halim, sapaan akrabnya membayangkan, etalasi des itu untuk menunjukan bagaimana kehidupan kebiasaan, keberagaman, pluralisme di desa, “Harus bisa jadi etalasi dari kota atau negara manapun. Kalau mau lihat Indonesia ya bisa lihat disitu. Jangan sampai terjadi penurunan kearifan lokal,” ujarnya.

Menurut Gus Halim, salah satu hal yang menarik dari desa adalah kearifan lokal berupa budaya maupun potensi yang berbeda antara satu dengan lainnya. Untuk itu, Ia menekankan kepada semua aktor desa untuk membangun desanya tanpa meninggalkan budaya setempat. 

“(Ini) dijelaskan dalam SDGs Desa ke-18 Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif, di mana semua budaya desa yang sudah ada dan memberikan dampak baik untuk masyarakat harus dilanjutkan,” tukasnya.

 

 

 

 

Tags : IKN , Desa , Gus Halim

Berita Terkait