Ikut Andil ASEAN Para Games 2022, BPJAMSOSTEK Lindungi Atlet

| Selasa, 02/08/2022 21:07 WIB
Ikut Andil ASEAN Para Games 2022, BPJAMSOSTEK Lindungi Atlet Pembukaan ASEAN Para Games (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) atau BPJAMSOSTEK ikut ambil bagian untuk melindungi atlet selama berlangsungnya ASEAN Para Games (APG) 2022, yang digelar mulai dari 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surakarta, Tonny WK mengatakan, perlindungan dasar berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bukan hanya diberikan kepada seluruh atlet dari Indonesia, tetapi juga pelatih dan relawan yang terlibat pada kejuaraan multievent tersebut.

“Hingga saat ini terdapat sebanyak 145 atlet dan 49 pelatih serta ofisial yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Tonny.

Sedangkan, kata Tonny, untuk relawan yang sudah terdaftar dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan jumlahnya sebanyak 1.398 orang, “Jika terjadi insiden saat sedang bertanding maupun saat persiapan, kami siap memberikan perawatan dan pengobatan sampai sembuh tanpa adanya batas biaya sesuai sesuai dengan kebutuhan medis,” imbuhnya.

Tonny juga menyatakan, pihaknya mengapresiasi pemerintah maupun panitia penyelenggara ASEAN Para Games 2022 (INASPOC) yang sudah memberikan perlindungan BPJAMSOSTEK kepada atlet, pelatih, ofisial, dan relawan sehingga mereka mendapatkan kenyamanan dan ketenangan dalam bertanding.

“Harapannya kami dapat selalu bersinergi memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja sesuai dengan amanah Undang-Undang dan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 untuk melakukan optimalisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan memastikan semua pekerja terlindungi BPJAMSOSTEK baik yang pekerja formal maupun para pekerja informal,” tukasnya.

Tags : BPJS Ketenagakerjaan , ASEAN Para Games