Kian Mesra, Gus Muhaimin Pastikan PKB-Gerindra Daftar Bareng ke KPU

| Rabu, 03/08/2022 17:20 WIB
Kian Mesra, Gus Muhaimin Pastikan PKB-Gerindra Daftar Bareng ke KPU Ketua Umum PKB A Muhaimin Iskandar bersilaturahim dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (foto: radarbangsa)

AMBON, RADARBANGSA.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra terus menunjukkan kemesraannya menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Bahkan, kedua partai berencana mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta Pemilu 2024 pada Senin (8/8/2022) mendatang secara bersama-sama.

"Insyaallah pada tanggal 8 nanti kita akan mendaftar sebagai partai politik peserta pemilu bersama Gerindra ke KPU," ujar Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) kepada wartawan di sela deklarasi Gus Muhaimin sebagai capres oleh berbagai elemen masyarakat di Kota Ambon, Maluku, Rabu (3/8/2022).

Gus Muhaimin mengatakan bahwa kedua partai terus melakukan berbagai pertemuan untuk mematangkan koalisi dan membuat sejumlah program secara bersama-sama. "Setelah mendaftar ke KPU bersama Gerindra nanti disusul beberapa event. Saya kira masih ada waktu 1,5 tahun kesempatan untuk mengajak semua partai-partai bersatu," katanya.

Mengenai posisi capres dan cawapres dalam koalisi dengan Gerindra, Gus Muhaimin mengatakan bahwa hal tersebut akan dibicarakan lebih lanjut. "Soal siapa dan bagaimana posisi-posisi, itu bagian teknis saja yang penting ada tekad untuk secara bersama-sama memperbaiki Indonesia menjadi lebih baik," tuturnya.

Terkait kemungkinan parpol lain bergabung, Gus Muhaimin mengatakan bahwa tahapan pemilu masih sangat panjang sehingga sangat terbuka bagi parpol lain untuk bergabung. "Kita bisa membicarakan dan melibatkan partai-partai," katanya.

Ditanya mengenai restu Presiden Jokowi, Gus Muhaimin mengatakan bahwa sebagai presiden, Jokowi pasti memberikan restu kepada semua pasangan calon untuk maju. "Pak Jokowi pasti mendukung semua calon. Presiden memang harus merestui semuanya," ungkapnya.

Sementara itu, dukungan terhadap Gus Muhaimin untuk maju sebagai capres terus bermunculan. Di Kota Ambon, Maluku, sejumlah elemen masyarakat mulai dari kelompok milenial Ambon, abang-abang ojek online, hingga Perempuan NU mendeklarasikan dukungan agar cicit salah satu pendiri NU KH Bisri Syansuri itu maju sebagai presiden.

"Saya sangat terharu, bersyukur dan bangga. Dukungan ini memberikan semangat bagi saya untuk bekerja lebih keras lagi untuk kemajuan bangsa. Dari Maluku, kita songsong Indonesia yang lebih adil, makmur dan sejahtera," katanya.

Tags : PKB , GERINDRA , KPU