Negara-negara ASEAN Bahas Kerja Sama Peningkatan Sistem Informasi Pasar Tenaga Kerja

| Rabu, 03/08/2022 18:10 WIB
Negara-negara ASEAN Bahas Kerja Sama Peningkatan Sistem Informasi Pasar Tenaga Kerja Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - Sejumlah negara ASEAN mengadakan pertemuan teknis terkait penguatan sistem informasi pasar kerja (Labour Market Information System/LMIS) di Negara-negara ASEAN di Jakarta, Rabu 3 Agustus 2022.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi, pertemuan teknis tersebut dikemas dalam workshop LMIS yang digelar pada 3 s.d 4 Agustus 2022.  

"Ini merupakan momentum yang signifikan untuk mewujudkan harmonisasi dan kerja sama antar negara anggota ASEAN khususnya dalam peningkatan Sistem Informasi Pasar Tenaga Kerja," kata Anwar Sanusi.

Anwar Sanusi menjelaskan LMIS adalah basis data penting untuk membangun kebijakan ketenagakerjaan yang kuat. LMIS dapat memberitahu tentang desain, implementasi, pemantauan, dan evaluasi kebijakan dengan fokus dan sasaran yang lebih baik.

"Tujuan utama LMIS adalah menghasilkan informasi dan analisis bagi pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan pasar tenaga kerja lainnya. Baik di tingkat internasional maupun nasional," tambahnya.

Anwar Sanusi menegaskan, setelah pelaksanaan workshop LMIS ini, akan dirumuskan beberapa langkah untuk lebih mengoperasionalkan berbagai komitmen negara ASEAN.

"Salah satunya yakni mengirimkan utusan atas dukungan  Gesselschaft fur Internationale Zussammenarbeit (GIZ)  secara teknis belajar ke Jerman terkait pengelolaan sistem informasi pasar kerja," tukasnya.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah