Wapres Maruf Amin Minta Kenaikan Biaya Haji Tahun Depan Dievaluasi

| Jum'at, 05/08/2022 16:51 WIB
Wapres Maruf Amin Minta Kenaikan Biaya Haji Tahun Depan Dievaluasi KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH. Maruf Amin meminta kenaikan biaya haji tahun 1444 Hijriah atau untuk keberangkatan haji tahun depan dievaluasi.

Hal itu untuk mengantisipasi kenaikan biaya haji yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi. Salah satu alasan kenaikan biaya haji tersebut karena adanya krisis global.

“Memang sekarang ini kan ada akibat daripada krisis sehingga ada kenaikan biaya haji itu, sehingga itu harus dievaluasi pemerintah untuk persiapan tahun depan,” kata Kiai Maruf seperti dilansir dari okezone.com, Jumat, 5 Agustus 2022.

Meskipun begitu, ia menilai pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan baik. Meskipun, terangnya, pelaksanaan ibadah haji tahun ini pertama kali dilakukan setelah ditiadakan selama dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19.

"Tentu agak berbeda ya, karena ini kan baru pertama selama dua tahun," tuturnya.

Meskipun begitu, Wapres tak menampik setiap pelaksanaan ibadah haji selalu ada masalah. “Bahwa dalam haji itu selalu ada problem, pasti. Ngurusi ratusan ribu orang di negara orang memindahkan dari negara Indonesia, dengan berbagai itu, pasti menyebutnya itu rantai kesulitan itu pasti ada," ujarnya.

Namun, menurut Kiai Maruf, jemaah haji yang wafat tahun ini sedikit. “Tetapi jauh lebih berkurang, koban juga sedikit, pelayanan haji juga jauh lebih baik. Tapi dari tahun ke tahun selalu ada perbaikan. Barangkali itu,” tandasnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Ibadah Haji , Indonesia