Menuju Bank Sentral Digital Masa Depan, BI Perkuat Riset dan Inovasi

| Kamis, 25/08/2022 21:19 WIB
Menuju Bank Sentral Digital Masa Depan, BI Perkuat Riset dan Inovasi Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM – Bank Indonesia (BI) menggelar Konferensi Internasional Bulletin of Monetary Economics and Banking (BMEB) ke-16 dan Call for Papers pada 25-26 Agustus 2022 di Semarang, Jawa Tengah, Kamis 25 Agustus 2022.

Acara yang mengangkat tema ‘Sinergy of Economic Policies and Innovation in Driving Momentum for Sustainable Global Economic Recovery in The Era of Digital Transformation’ ini dihadiri langsung Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo.

Dalam kesempatan itu, Gubernur BI Perry Warijiyo mengatakan, peningkatan kualitas riset dan inovasi yang diperkuat dengan strategic foresight menjadi kunci untuk mewujudkan masa depan Bank Sentral digital.

“Ini sejalan dengan pentingnya sinergi kebijakan dan inovasi khususnya adopsi teknologi, guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi,” kata Perry Warijio.

Menurut Perry, konferensi internasional dan call for papers ini merupakan salah satu kontribusi Bank Indonesia dalam mengantisipasi tantangan perekonomian dunia yang semakin dinamis, melalui penguatan riset serta pengembangan sumber daya manusia yang unggul di bidang riset ekonomi.

“Salah satu perwujudan transformasi dalam membangun bank sentral digital masa depan adalah dengan penerbitan Central Bank Digital Currency (CBDC),” tambahnya.

Sementara itu, kata Perry, terkait penerbitan CBDC paling tidak ada tiga aspek utama yakni, pertama CBDC sebagai salah satu mandate bank sentral dalam proses penciptaan uang digital. Kedua, distribusi CBDC dapat dilakukan melalui system wholesale dengan mengadopsi Distrubuted Ledger Technology (DLT).

“Ketiga, ada tiga prasyarat penerbitan CBDC yakni conceptual design, membangun infrastrutur yang mengintegrasikan system pembayaran dengan pasar uang secara Integrated, interconnected, interoperablility serta sinergi dengan bank sentral lainnya,” tukasnya.

Tags : BI , Bank Sentral Digital