Wamenkeu: Pembangunan Jalan Tol Sangat Bermanfaat bagi Masyarakat

| Jum'at, 26/08/2022 19:05 WIB
Wamenkeu: Pembangunan Jalan Tol Sangat Bermanfaat bagi Masyarakat Pembangunan Tol Serang Panimbang Seksi 2 (foto: pu)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah terus melakukan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Salah satunya adalah pembangunan tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo.

Menurut Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara, pembangunan jalan tol yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) memberikan manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. “Jalan tol itu bisa digunakan oleh seluruh masyarakat, bisa digunakan oleh seluruh orang yang melintas, bisa digunakan untuk meningkatkan aktivitas ekonomi, meningkatkan konektivitas,” kata Nazara di Yogyakarta, Kamis 25 Agustus 2022 kemarin.

Saat meninjau perkembangan pembebasan tanah di Yogyakarta, Nazara juga melihat proses pembayaran Uang Ganti Rugi (UGR) pelepasan hak atas tanah milik rakyat untuk pembangunan ruas jalan tol yang memiliki panjang 96,57 km ini.

“Negara menghormati hak milik tanah yang dimiliki oleh warga dengan memberikan uang ganti kerugian. Namun, sebenarnya ini adalah bentuk dari “uang ganti untung” karena setelah tanahnya diganti uang, maka semuanya beruntung,” ujarnya.

Nazara menuturkan, pembangunan tol juga berdampak terhadap pembangunan daerah itu sendiri. Selain itu, terbukanya lapangan pekerjaan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya sudah melihat prosesnya dan saya berharap saya minta kepada seluruh staf dari Kementerian dan Lembaga terkait untuk membuat suatu proses yang cepat efisien dan kemudian juga bisa memastikan hak dari Ibu Bapak semua sebagai pemilik hak,” ucapnya.

Tags : Jalan Tol , Kemenkeu , PUPR , Pertumbuhan Ekonomi