Tingatkan Literasi, Komisi X DPR Setujui Pagu Anggaran Perpusnas Rp723 Miliar

| Jum'at, 02/09/2022 19:48 WIB
Tingatkan Literasi, Komisi X DPR Setujui Pagu Anggaran Perpusnas Rp723 Miliar Ilustrasi Paripurna DPR RI (foto: Senayanpost)

RADARBANGSA.COM – Komisi X DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat atau RDP dnegan Perpustakaan Nasional atau Perpusnas dalam rangka membahas pagu anggaran 2023 bagi Perpusnas, Jumat 2 September 2022. Dalam RDP itu, Komisi X DPR akhirnya menyetujui pagu anggaran 2023 Perpusnas sebesar Rp723.040.156.000.

“Komisi X DPR menyetujui pagu anggaran berdasarkan nota keuangan RAPBN TA 2023 sebesar Rp723.040.156.000.” kata Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih.

Dengan disetujuinya pagu tersebut, Komisi X DPR mendesak Perpusnas agar berkoordinasi dengan Kemendikbud dan lembaga lain untuk merancang skema kerja sama untuk meningkatkan literasi nasional.

Sinergitas dengan kementerian dan lembaga lain, lanjut Fikri, penting dibangun Perpusnas di tengah isu literasi nasional yang rendah. “Komisi X DPR RI mendorong Perpusnas RI berkoordinasi dengan Kemendikbud RI, Kemendes RI, dan K/L lain untuk membuat skema kerja sama meningkatkan pelaksanaan program literasi dan perpustakaan dapat terintegrasi dan bersinergi,” katanya.

Menurut Fikri, Komisi X juga dapat memahami bila kemudian Perpusnas membutuhkan tambahan anggaran untuk menyukseskan program prioritasnya, yaitu peningkatan indeks literasi nasional.

“Komisi X DPR RI juga memahami perlunya penambahan pagu anggaran untuk mendukung program prioritas peningkatan indeks literasi masyarakat dan pemenuhan bahan bacaan di daerah 3T,” tukasnya.

Tags : DPR , Perpusnas , Komisi X DPR