Hujar Deras Guyur Murung Raya Kalteng, BNPB: Aliran Sungai Barito Meluap

| Kamis, 08/09/2022 18:18 WIB
Hujar Deras Guyur Murung Raya Kalteng, BNPB: Aliran Sungai Barito Meluap Pemukiman warga Murung Raya Kalteng masih tergenang akibat luapan sungai Barito (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Beberapa wilayah di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah masih digenangi air sekira 100 meter. Genangan air itu diakibatkan hujan deras yang mengguyur sejak Senin, 5 September 2022 lalu hingga menyebabkan peningkatan daerah aliran Sungai Barito dan anak sungai hingga meluap.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, Petugas BPBD dan dinas terkait masih bersiaga di lapangan untuk mengantisipasi dampak banjir atau pun potensi banjir susulan.

Adapun wilayah yang terendam banjir adalah Desa Muara Joloi II di Kecamtan Seribu Riam, Kelurahan Tumbang Lahung, Kelurahan Muara Bakanon, Desa Pantai Laga di Kecamatan Permata Intan, Kelurahan Beriwit,  Kelurahan Puruk Cahu Seberang, Desa Juking Pajang,Desa Bahitom, Desa Danau Usung, Desa Muara Sumpoi di wilayah Kecamatan Murung.

Selanjutnya, Kelurahan Tumbang Kunyi, Desa Teluk Jolo, Desa Tumbang Molut, Desa Tumbang Masao di Kecamatan Sumber Barito, Desa Tumbang Olong I di Kecamatan Uut Murung dan Kelurahan Muara Laung I, Kelurahan Muara Tuhup di wilayah Kecamatan Laung Tuhup.

“BPBD Kabupaten Murung Raya mencatat, peristiwa tersebut berdampak pada 32 KK. Tidak ada korban jiwa atas kejadian itu, namun aktivitas masyarakat menjadi terhambat,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam rilisnya, Kamis 8 September 2022.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi bahaya banjir susulan, “Masyarakat dapat melakukan beberapa langkah, seperti memahami rute evakuasi aman, mematikan jaringan listrik rumah, prioritas evakuasi anggota keluarga yang rentan atau jalur komunikasi jika memerlukan evakuasi.” Imbuhnya.

Tags : Banjir , Sungai Barito , BNPB

Berita Terkait