Pemerintah Upayakan Stok Vaksin Meningitis Meningokokus Aman

| Kamis, 29/09/2022 22:15 WIB
Pemerintah Upayakan Stok Vaksin Meningitis Meningokokus Aman para jemaah sedang melakukan ibadah umroh (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Sejak Pemerintah Kerajaan Arab Saudi Kembali membuka umrah bagi Jamaah Indonesia pada Oktober 2021 lalu, Jemaah sudah banyak yang melakukan perjalanan umroh dari berbagai daerah.

Nah, bagi Jemaah umroh, diwajibkan untuk vaksin Meningitis Meningokokus (MM). Dalam mencukupi kebutuhan Jemaah, Pemerintah Indonesia terus mengupayakan normalisasi stok vaksin MM ini.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu menyampaikan normalisasi stok vaksin MM akan berlangsung setidaknya hingga Januari 2023.

“Salah satu produsen vaksin MM yang telah memperoleh izin edar dari BPOM saat ini tidak bisa melanjutkan produksi untuk kelompok vaksin ACM135 Meningococcal Polysaccharide karena sedang dalam proses pemenuhan upgrade CAPA prekualifikasi WHO. Sehingga produksi vaksin dari produsen vaksin tersebut tidak dapat dipenuhi,” ujar Maxi.

Upaya pemenuhan yang dilakukan mulai dari identifikasi kondisi stok vaksin MM di seluruh Indonesia, baik yang ada di Dinas Kesehatan maupun Kantor Kesehatan Pelabuhan. Serta telah dilakukan relokasi tersebut ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang tingkat layanan vaksinasinya cukup banyak sasarannya.

“Kedua, Kemenkes melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Kementerian Agama dan Asosiasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk menyampaikan tentang pentingnya pelaksanaan vaksinasi MM dan kondisi terkini tentang layanan vaksinasi swasta,” katanya.

Sementara itu, kata Maxi, pelayanan vaksinasi diprioritaskan pelayanan bagi jamaah yang waktu berangkatnya sudah dekat agar jamaah mendapatkan waktu yang cukup untuk pembentukan antibody.

“Upaya ketiga adalah Kementerian Kesehatan berkoordinasi dengan PT Biofarma dan BPOM untuk memenuhi kebutuhan vaksin MM. Dari hasil koordinasi yang dilakukan telah diperoleh tambahan vaksin sebanyak 225.000 dosis vaksin MM dari PT Biofarma,” tukasnya.

Tags : Jemaah Umroh , Jemaah Indonesia , Vaksin Meningitis Meningokokus

Berita Terkait