Menaker Ida Dorong BLK Komunitas Lahirkan Entrepreneur

| Selasa, 04/10/2022 18:45 WIB
Menaker Ida Dorong BLK Komunitas Lahirkan Entrepreneur Menaker Ida Fauziyah meresmikan BLK Komunitas di Pesantren Tanwiriyyah Cianjur, Jawa Barat (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan  (Menaker), Ida Fauziyah BLK Komunitas di Pesantren Tanwiriyyah Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 4 Oktober 2022.

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziyah mendorong para pengelola Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas agar dalam menerapkan kejuruan pelatihannya disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja lokal. 

"Melalui BLK Komunitas, Kementerian Ketenagakerjaan tidak hanya mendorong terciptanya lapangan kerja untuk diri sendiri, tetapi juga lapangan kerja untuk masyarakat luas dengan menjadi entrepreneur," kata Menaker Ida Fauziyah.

Menurut Menaker Ida, keberadaan BLK Komunitas dapat menekan angka pengangguran dan memulihkan perekonomian, serta kondisi sektor ketenagakerjaan di masa pandemi dan setelahnya.

"Alhamdulillah, pada tahun 2021, Kementerian Ketenagakerjaan telah membangun 785 BLK Komunitas sehingga sampai dengan akhir tahun 2021, secara total sejak tahun 2017, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah berhasil mendirikan 2.912 lembaga yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," ucapnya. 

Sementara itu, Kemnaker juga tetap berkomitmen dalam akselerasi pelatihan kerja melalui pembangunan BLK Komunitas sebagai bagian dari agenda peningkatan SDM ketenagakerjaan Indonesia. 

"Untuk tahun 2022, Kementerian Ketenagakerjaan menargetkan jumlah pembangunan BLK Komunitas sebanyak 900 lembaga," tukasnya.

Tags : Kemnaker , BLK Komunitas