PUPR dan Pemkot Banjarmasin Kolaborasi Penataan Pemukiman Kumuh Kelayan Barat

| Senin, 10/10/2022 23:29 WIB
PUPR dan Pemkot Banjarmasin Kolaborasi Penataan Pemukiman Kumuh Kelayan Barat Penataan Pemukiman Kumuh di Banjarmasin (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM - Peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia yang diperingati setiap bulan Oktober menjadi momentum pembangunan dan penataan kawasan kumuh di Indonesia.

Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Teuku Davis Hamid mengatakan, program peningkatan kualitas permukiman kumuh yang menjadi percontohan salah satunya berada di Kelurahan Kelayan Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Berdasarksn SK Walikota Banjarmasin terdapat 75 hektare kawasan kumuh. Dengan penanganan kawasan Kelayan Barat dapat tertangani 15,26 hektare," kata Davis Hamid dalam rilisnya, Senin, 10 Oktober 2022.

Menurut Davis Hamid, Kolaborasi Pentahelix dalam Pembangunan Permukiman dan Perumahan Perkotaan menuju Nol Kumuh, penataan kawasan Kelayan Barat menjadi contoh yang baik kegiatan kolaborasi berbagai pihak, utamanya antara Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dengan Pemerintah Kota Banjarmasin.

"Kawasan Kelayan ini menjadi prioritas penanganan pemukiman kumuh dengan berkolaborasi bersama Kota Banjarmasin untuk pembebasan lahan pembangun rusunawa, dan bisa kita lihat perubahan pada permukimannya sangat signifikan," tukasnya.

Tags : PUPR , Pemukiman Kumuh