Komisi V DPR Minta BMKG Sosialisasikan Secara Detail Soal Mitigasi Bencana

| Rabu, 19/10/2022 21:47 WIB
Komisi V DPR Minta BMKG Sosialisasikan Secara Detail Soal Mitigasi Bencana Logo BMKG. (Foto: elshintacom)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi V DPR RI Sudewo mengingatkan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) untuk konsisten dan lebih detail dalam dalam upaya memitigasi bencana di suatu wilayah.

“Berkali-kali setiap rapat dengan BMKG maupun kunjungan kerja, selalu saya sampaikan supaya BMKG dalam melakukan mitigasi bencana itu secara detail, jangan hanya secara universal,” kata Sudewo dikutip laman dpr, Rabu, 19 Oktober 2022.

Sudewo meminta BMKG untuk melakukan komunikasi dan koordinasi yang intens dengan pemerintah daerah terkait mitigasi ini, mengingat dalam beberapa bulan kedepan diprediksi curah hujan akan sangat tinggi dan berpotensi menyebabkan banjir di berbagai daerah.

“Komunikasi koordinasi dengan pemerintah daerah, apa mitigasi itu yang akan terjadi terhadap daerahnya kemudian daerah diberi satu masukan-masukan apa yang harus dia lakukan sehingga perencanaan Kabupaten itu bisa ada satu penyesuaian terhadap mitigasi bencana,” tambahnya.

Selain itu, imbuh Sudewo, BMKG juga diminta untuk lebih mensosialisasikan mengenai program kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) dan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) yang diharapkan menjadi salah satu kegiatan penting dalam memitigasi sekaligus dapat meningkatkan pemahaman para petani dan nelayan terhadap informasi cuaca dan iklim, terutama untuk membantu dalam perekonomian mereka.

“Mengapa hal demikian tidak disosialisasikan dan tidak dikoordinasikan supaya mitigasi bencana yang dilakukan BMKG dapat memberi manfaat nyata terhadap stakeholder yang lain,” imbuhnya.

Tags : BMKG , Potensi Hujan , Mitigasi Bencana