Wanita Tani Indonesia Didorong Jadi Pioner di Sektor Pertanian

| Kamis, 20/10/2022 08:46 WIB
Wanita Tani Indonesia Didorong Jadi Pioner di Sektor Pertanian Salah satu petani tembakau saat memanen tembakau. (doc. istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengajak Wanita Tani Indonesia HKTI menjadi pioner dalam menggerakkan kaum perempuan di setiap daerah untuk membangun sektor pertanian. Pasalnya, wanita memegang peran penting dalam memperkuat sektor pertanian.

"Munas Wanita Tani Indonesia menjadi satu momentum yang sangat penting. Kenapa? Di forum ini kita ketemu wanita tangguh yang besok akan bicara kepentingan bangsa, bergerak  membangun sektor pertanian kita," demikian kata Mentan SYL dalam acara musyawarah nasional (munas) Ke - III Wanita Tani Indonesia HKTI di Bogor, Selasa 18 Oktober 2022.

Ia menambahkan kondisi dunia sedang tidak baik, sebab isu krisis pangan global membuat semua negara di dunia khawatir. Oleh karena itu, perlu kerjasama yang baik dalam membangun sektor pertanian dengan memanfaatkan pertanian dengan teknologi hingga menggarap hulu hingga hilir sektor pertanian.

"Pertanian di tengah Covid-19 terus bertumbuh positif. Kalau begitu pertanian menjadi sesuatu yang sangat berarti dan kalau perempuan sudah bergerak di dunia pertanian maka 50 persen lebih persoalan pertanian selesai karena pertanian membantu perekonomian keluarga," terang SYL.

Sektor pertanian Indonesia memiliki peluang besar. Oleh karena itu, Mentan SYL mendorong Wanita Tani Indonesia untuk mulai menyusun konsepsi dalam menggarap pertanian. Pemerintah telah menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian yang dapat digunakan untuk permodalan. 

"Wanita Tani Indonesia harus terus mengembangkan perannya di sektor pertanian dengan hasil nyata dan Kementerian Pertanian akan siap membantu dan mendukung," ujarnya.

 

Tags : Wanita Tani , Pertanian

Berita Terkait