Wakili Pemerintah Indonesia, Kemnaker Hadiri Sidang Govering Body ILO di Jenewa Swiss

| Selasa, 08/11/2022 15:25 WIB
Wakili Pemerintah Indonesia, Kemnaker Hadiri Sidang Govering Body ILO di Jenewa Swiss Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - `Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mewakili Pemerintah Indonesia menghadiri Sidang Governing Body (GB) International Labour Organization (ILO) Sesi ke-346 di Jenewa Swiss yang berlangsung dari tanggal 31 Oktober hingga 10 November 2022.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi menyampaikan, dukungannya mengenai keputusan tindak lanjut atas masuknya isu Occupational Safety and Health (OSH) sebagai prinsip dan hak mendasar di dunia kerja.

"Salah satu keputusan itu termasuk penyusunan Konvensi ILO dalam mengamandemen beberapa instrumen ILO yang dipengaruhi isu OSH, untuk dibahas pada Sesi ke-111 International Labour Conference (ILC)," kata Anwar Sanusi dalam rilis Kemnaker, Selasa, 8 November 2022.

Menurut Anwar Sanusi, konvensi pengamandemen idealnya harus diratifikasi secara luas agar mulai berlaku secepat mungkin. Ia menekankan perlunya menghormati dan mempertimbangkan mekanisme domestik masing-masing negara anggota untuk ratifikasi perjanjian internasional.

Sebagai informasi Indonesia merupakan anggota reguler GB ILO periode 2021-2024 dan menjadi koordinator negara anggota ASEAN di ILO. GB ILO merupakan badan eksekutif ILO yang mengambil keputusan berbagai kebijakan ILO, menetapkan agenda International Labour Conference, mengesahkan rancangan Programme and Budget ILO, dan memilih Direktur Jenderal ILO. Indonesia memiliki suara dalam berbagai mandat yang berkaitan dengan kerja ILO tersebut.

Tags : ILO Indonesia , Ida Fauziyah , PMI

Berita Terkait