Kawal Perolehan Suara Pemilu 2024, PKB Launching Lembaga Saksi

| Senin, 21/11/2022 13:45 WIB
Kawal Perolehan Suara Pemilu 2024, PKB Launching Lembaga Saksi Abdul Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin melaunching Lembaga Saksi Pemenangan Nasional DPP PKB. Tugasnya bakal mengawal perolehan suara PKB di Pemilu 2024.

"Hari ini PKB me-launching Lembaga Saksi Pemenangan Nasional, lembaga yang sangat strategis untuk mengawal perolehan suara di setiap pemilu, baik pemilihan legislatif maupun Pemilihan Presiden yang diakhiri dengan Pemilihan Kepala Daerah," kata Gus Muhaimin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin, 21 November 2022.

Gus Muhaimin mengatakan, saksi yang akan dilantik lembaga partainya mencakup seluruh tingkatan penghitungan suara, mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga di level tempat pemungutan suara (TPS). Ia pun menggarisbawahi level TPS menjadi ujung tombak dalam mengawal dan mengawasi penghitungan suara.

Untuk itu, kata Gus Muhaimin, partai politik, khususnya PKB, memiliki kewajiban untuk menjaga transparansi, kebebasan, kejujuran, keterbukaan dalam pelaksanaan pemilu agar terjaga dengan baik. Dalam mengawal komitmen tersebut, ia mengatakan partainya akan terus melatih dan menyiapkan seluruh personel agar bekerja efektif dalam menjalankan tugasnya sebagai saksi untuk melakukan pengawalan penghitungan suara hingga di tingkat nasional.

"Oleh karena itu, saya minta seluruh jajaran satu tahun waktu yang pendek untuk persiapan personil, persiapan kader, persiapan sistem kerja sehingga suara kita terjaga dengan baik," ucapnya.

Wakil Ketua DPR RI ini berharap dengan melakukan tugas pengawalan penghitungan suara tersebut, maka dapat mencipta kembali situasi pemilu yang begitu demokratis, sebagaimana Pemilu 1999 lalu ketika pemilu setelah reformasi digelar pertama di Indonesia.

"Kita menginginkan Pemilu tahun 1999 terulang dengan baik, di mana seluruh pihak menjadi pengawas dan menjadi saksi dari transparansi pelaksanaan pemilu," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Saksi Pemenangan Nasional DPP PKB, Chusnunia Chalim menambahkan, pengamanan suara merupakan salah satu poin penting dalam mengawal kemenangan pemilu sehingga dibutuhkan kehadiran lembaga saksi. "Hal yang paling penting adalah pascapemungutan suara yaitu pengamanan suara dan ada satu peran yang sangat urgen dalam hal tersebut yaitu saksi. Oleh karenanya lembaga saksi sangat penting dalam pemenangan pemilu," kata Wakil Gubernur Lampung itu. 

Selain menjadi kunci dari kemenangan suatu partai, kata Chusnunia, saksi juga merupakan kunci untuk memastikan jalannya pemilu berlangsung demokratis. "Saksi menjadi kunci kemenangan partai karena berbulan-bulan, berminggu-minggu langkah kemenangan dilakukan, apabila pengamanannya tidak maksimal menimbulkan atau bisa saja terjadi potensi hilang suara," tandasnya. 

Tags : Pemilu 2024 , Gus Muhaimin , PKB , Indonesia