Presiden Jokowi Minta Semua Pihak Ikuti BMKG Soal Cuaca Ekstrem

| Rabu, 28/12/2022 18:19 WIB
Presiden Jokowi Minta Semua Pihak Ikuti BMKG Soal Cuaca Ekstrem Hujan masih akan mengguyur sebagian wilayah Indonesia untuk beberapa hari ke depan menurut pantauan BMKG. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meminta agar masyarakat mengikuti informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal cuaca ekstrem.

"Ikuti semua informasi, dan ikuti semua yang disampaikan oleh BMKG," kata Presiden Jokowi, di Istana Negara Jakarta, Rabu, 27 Desember 2022.

Sebelumnya, salah satu peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut potensi hujan ekstrem hingga badai dahsyat terjadi pada 28 Desember 2022. Hal itu membuat sejumlah masyarakat khawatir akan bencana tersebut.

Namun Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab pada Selasa (27/12) mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, bahkan sangat lebat masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023. Peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada tanggal 30 Desember 2022.

Terkait badai, BMKG menjelaskan, menurut terminologi meteorologi adalah bagian hujan lebat dan angin kencang yang biasanya terkait dengan siklon tropis atau angin kencang yang menyertai cuaca buruk berkecepatan sekitar 64-72 knot. Atas prakiraan cuaca tersebut, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan terus memperbaharui informasi melalui kanal-kanal resmi BMKG.

Tags : Jokowi , BMKG , Cuaca Ekstrem , Indonesia