Anggota Komisi IV DPR Kritisi Silang Data Produksi Beras Kementan dan Kemendag

| Rabu, 04/01/2023 12:12 WIB
Anggota Komisi IV DPR Kritisi Silang Data Produksi Beras Kementan dan Kemendag Ilustrasi beras

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo mengkritisi silang data produksi beras antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Seharusnya tidak perlu impor, apalagi produksi nasional sudah mencukupi. Mungkin karena perbedaan data Kemendag tidak akurat maka akhirnya impor dan dapat mengakibatkan kekecewaan serta melemahkan semangat petani,” kata Firman Soebagyo dalam rilisnya, Rabu, 4 Januari 2023.

Menurut Firman, silang data yang terjadi antar dua lembaga sejak tahun 2009 ini belum terselesaikan tuntas sehingga menimbulkan polemik dilematis berupa keputusan pemerintah untuk impor beras, yang seharusnya bisa dicegah.

“Akibatnya pasti harga beras merosot tajam dan petani tidak mampu bersaing," katanya.

Akibat data produksi beras yang tidak sinkron, kata Firman ini mempertegas agar Kementan dan Kemendag tidak main-main mengelola data. Ia menekankan dampak silang data ini, tidak hanya menjadi perdebatan publik akan tetapi juga berpotensi melahirkan krisis pangan di Indonesia.

“Jadi akibat data tidak sinkron ini, maka ada unsur-unsur negatif harus dihadapi. Untuk itu, karena kesimpangsiuran data ini, pemerintah harus menyikapi dengan serius agar tidak terjadi perdebatan berkelanjutan seperti ini,” tukas Firman.

Tags : Beras , Kementan , Kemendag , DPR