Komisi X DPR Harap Perpusda Jadi Etalase Budaya di Daerah

| Kamis, 12/01/2023 19:58 WIB
Komisi X DPR Harap Perpusda Jadi Etalase Budaya di Daerah ilustrasi (foto: freepic)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno berharap Perpustakaan Daerah (Perpusda) di Indonesia selain sebagai pusat literasi juga dapat menjadi etalase budaya bagi masing-masing daerah. Menurutnya, perpustakaan bukan hanya berisi karya-karya tertulis, tetapi juga karya-karya tersirat seperti kebudayaan.

"Kebetulan saya Sekretaris di Badan Kebudayaan Nasional mengharapkan Perpustakaan itu menjadi etalase budaya, karena Perpustakaan itu ada yang tertulis dan ada yang tersirat,” kata Rano Karno

Rano mengungkapkan, pengembangan Perpustakaan digital juga perlu untuk terus didorong. Sebab, perkembangan digitalisasi merupakan suatu hal yang tak dapat dihindari. Sehingga, Perpustakaan juga harus mampu mengikuti perkembangan tersebut.

"Dunia maya itu tidak bisa kita hindari, harus kita masuki. Nah ini fisik (bangunan perpustakaan) bagus, namun apakah digital di wilayah ini semuanya sudah merata," ungkapnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi X DPR RI Andi Muawiyah Ramly mengapresiasi platform aplikasi BintangPusnas yang merupakan inovasi Perpustakaan Nasional RI.

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, inovasi BintangPusnas dapat memudahkan pelajar maupun mahasiswa dalam mencari buku yang diinginkan.

"Anak saya sendiri pernah datang ke sana untuk mencari buku, (tapi) di Perpusnas harus mencari juga. Nah kalau sudah ada seperti itu kan berbasis di HP kita bisa lihat ini sudah sangat luar biasa," ujar Andi Muawiyah Ramly di Jakarta, Rabu, 11 Januari 2023.

Tags : Perpusnas , Komisi X DPR RI

Berita Terkait