Legislator PKB Soroti Penghentian Liga 2 dan 3 oleh PSSI

| Senin, 16/01/2023 21:10 WIB
Legislator PKB Soroti Penghentian Liga 2 dan 3 oleh PSSI Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menyoroti penghentian kelanjutan Liga 2 dan Liga 3 musim 2022-2023. Menurutnya, keputusan PSSI tersebut bukanlah hal yang mengejutkan.

 "Keputusan federasi (PSSI) menghentikan penyelenggaraan Liga 2 dan Liga 3, lalu menghapus degradasi Liga 1, bukanlah hal yang mengejutkan. Keputusan-keputusan kontroversial tersebut toh sudah sekian kali terjadi dan menjadi bukti nyata inkosistensi federasi dalam mengelola sepak bola di tanah air," kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dalam keterangannya, Senin, 16 Januari 2023.

Menurut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan, keputusan tersebut tentu akan memunculkan protes dari pemain dan pemilik klub, seperti Pemilik klub Liga 2 dan Liga 3. Sebab, mereka merasa keputusan itu tidak adil. Terlebih, harapan untuk bisa naik ke Liga 1 pupus begitu saja.

"Selain itu, nasib pemain Liga 2 dan Liga 3 kian tidak jelas dan mendapatkan fasilitas sesuai kontrak juga tidak terwujud," imbuhnya.

Legislator asal Jawa Barat itu menilai bahwa hal yang wajar jika prestasi tim nasional tidak kunjung membaik. Kontroversi penghentian Liga 2 dan Liga 3 menurutnya menjadi bukti atas ketidakjelasan tata kelola kompetisi sepak bola di Indonesia. Padahal, federasi juga sudah melakukan banyak langkah instan dengan menaturalisasi pemain dari berbagai negara.

"Prestasi timnas yang baik salah satunya harus lahir dari organisasi yang sehat, transparan, dan akuntabel. Kualitas liga atau kompetisi itu juga menentukan prestasi timnas yang baik," tegas Huda.

Tags : PSSI , PKB , Syaiful Huda , Komisi X DPR

Berita Terkait